Tuesday, December 20, 2011

Komputer Dasar : Tutorial Powerpoint

Presentasi layaknya sudah menjadi makanan sehari-hari untuk para businesman, salesman, pengusaha, mahasiswa, bahkan siswa sekolah. 
Orang--orang tersebut harus mampu mempresentasikan/memaparkan hasil pemikiran mereka agar orang lain bisa menerima dan tertarik dengan apa yang ingin kita jalankan.
Dulu, presentasi hanya dilakukan secara konvensional yakni dengan face to face (tatap muka) dan bahkan cara seperti itu pun masih tetap eksis dan tidak jarang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Misal, seorang salesman yang ingin mempromosikan barang dagangannya. Dengan gaya bahasa yang sudah diatur sedemikian rupa menariknya agar pengunjung tertarik untuk membeli apa yang ia jual.
Nah, dengan berkembangnya era komputerisasi yang sudah menjamur saat ini, muncullah berbagai macam software presentasi. Salah satunya yaitu Microsoft Powerpoint. Dengan terus mengembangkan fitur dan versinya (terakhir baru Microsoft Office 2010 dan mungkin akan terus berkembang), Powerpoint memiliki daya tarik luar biasa. Animasi presentasi sudah bisa dirasakan seperti 3 dimensi. Hal ini tentunya hharus semakin memudahkan kita dalam presentasi. Nah, sebagai mahasiswa yang tugas kuliahnya bisa dibilang harus membuat makalah dan mempresentasikan di depan ruang kuliah, kita tentunya dituntut untuk menguasai IPTEK dan menguasai software-software semacam Powerpoint ini. Namun, jangan jadikan software presentasi ini sebagai sumber utama kita dalam memaparkan/menjelaskan materi presentasi kita kepada orang lain. Harusnya, kita harus menguasai materi yang akan kita paparkan dan hanya "big point" saja yang terdapat dalam Powerpoint. Namun, seringkali mahasiswa lupa akan hal tersebut. Dalam presentasi, mereka selalu terpicu pada Powerpoint yang mereka buat. Jika saja data Powerpoint mereka hilang, apakah yang akan terjadi ???? Tidak jadi presentasi ??? Kan lucu, hahahaha.
Dalam tutorial powerpoint kali ini, saya hanya akan menjelaskan tentang penggunaan Slide Master dalam Powerpoint. Apa itu Slide Master ? Barangkali dari kalian ada yang sudah tau. Ya, Slide Master dalam Powerpoint digunakan untuk membuat layout/tampilan secara keseluruhan dari slide yang akan kita gunakan. Jadi, semua tampilan dalam slide hanya akan mengambil layout dari Slide Master dan tidak perlu membuatnya satu per satu lagi tiap slide. Bingung ? Langsung aja deh sobat. Nih, saya beri link download tutorialnya. Jangan lupa dipraktekkan. Ilmu komputer jangan hanya dibaca tetapi harus dan wajib dipraktekkan.
Download Tutorial Powerpoint
Sekali lagi, gunakan media yang ada tetapi jangan jadikan media tersebut sebagai sumber utama karena Anda (kita semua) adalah sumber belajar yang utama bagi diri Anda sendiri. Kalahkan dan koreksi diri Anda terlebih dahulu sebelum ingin mengalahkan dan mengoreksi orang lain.
Hidup MAHASISWA !!!

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons | Downloaded from Free Templates